Cara Mengatasi MасBооk Tertumpah Air

Kerusakan perangkat elektronik akibat air merupakan permasalahan yang cukup serius. air sekecil apa pun dapat melumpuhkan seluruh komponen perangkat keras jika tidak segera ditangani.

Untuk itu tim kami akan memberikan tips mengatasi MасBооk Tertumpah Air atau terkena cipratan air.

Ada banyak tipe pengguna yang memiliki titik kenyamanan tersendiri dalam menjalankan tugas.

Misalnya ada yang suka mengerjakan tugas sambil ngopi, ada juga yang suka main MасBооk sambil minum teh, selain itu juga banyak orang menggunakan MасBооk sambil makan atau asyik tanpa memperhatikan MасBооk nya.

Berdasarkan contoh di atas, Anda perlu berhati-hati karena MасBооk sendiri sangat rentan terhadap benda cair seperti air.

Karena Anda sendiri tidak mengetahui dan tidak sadar, apakah secara tidak sengaja tangan Anda menyenggol minuman yang ada disebelahnya hingga terjatuh ke atas MасBооk, ataukah ada seseorang yang tiba-tiba menggeser meja yang Anda duduki secara tidak sengaja sehingga menyebabkan minuman tersebut tumpah, dan hal-hal lain yang tidak disangka-sangka.

Jadi, jangan sekali-kali meletakkan benda cair di dekat perangkat elektronik khususnya MасBооk, untuk menghindari kejadian yang tidak disengaja seperti tumpahan air yang dapat menyebabkan kerusakan pada MасBооk.

Walaupun hanya sedikit cipratan air yang jatuh ke MасBооk, namun jika air tersebut mengenai komponen penting kemungkinan MасBооk akan perlahan menunjukkan tanda-tanda kerusakan dan akibat yang paling fatal adalah mati total.

Sebelum Anda masuk ke tutorial cara mengatasi MасBооk terkena cipratan air, perlu diketahui bahwa ada perbedaan jenis cairan atau minuman yang masing-masing mempunyai dampak berbeda.

Misalnya air, teh, dan kopi tidak terlalu asam sehingga lebih mudah diperbaiki. Sedangkan cairan seperti juice atau wine dapat memicu kerusakan yang lebih kompleks karena cenderung memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

Sifat air yang mudah mengisi celah-celah kosong akan memungkinkan benda-benda masuk ke dalam logic board melalui celah-celah pada keyboard dan secara perlahan mulai menggerogoti komponen logam dan sejenisnya.

Untuk itu jangan sampai ditangani berhari-hari setelah kejadian dan usahakan segera saat MасBооk terkena air. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi MасBооk terkena cipratan air:

1. Lepas Magsafe atau Pengisi Daya

Jangan biarkan arus listrik masuk ke perangkat saat tersiram air.

Karena hal ini dapat menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek pada komponen baterai, port colokan charger, atau komponen lain yang mempunyai perpindahan daya yang besar.

Selain charger, lepaskan juga sambungan kabel lainnya seperti kabel USB dan lain sebagainya, usahakan bersihkan MасBооk tanpa sambungan apapun.

2. Segera Bersihkan Menggunakan Benda yang Memiliki Daya Serap Tinggi

Apabila air tumpah di MасBооk Anda, ambillah benda yang memiliki daya serap tinggi, seperti tisu, lalu bersihkan bagian yang terkena air dengan cara ditepuk, bukan dengan mengelap permukaannya.

Dikhawatirkan jika air yang Anda lap masih basah akan mengalir dan masuk ke komponen di sebelahnya.

Dan jangan menggoyangkan MасBооk karena juga dapat memberikan kesempatan air mengalir ke permukaan lainnya.

3. Matikan dan Tunggu 48 Jam

Jika MасBооk masih menyala, segera coba matikan perangkat MасBооk sepenuhnya dan biarkan tidak dioperasikan selama 48 jam. Setelah itu coba dan cek Kembali MасBооk Anda.

4. Keringkan dengan Pengering Rambut

Jika Anda membiarkan MасBооk dalam keadaan menyala, agar lebih efektif Anda juga bisa mengeringkannya dengan bantuan pengering rambut.

Namun perhatikan jarak pengeringan dengan pengering rambut, jangan terlalu dekat karena dapat menyebabkan kerusakan lain akibat terlalu panas. Anda juga bisa menggunakan lampu belajar yang hangat.

5. Posisikan MасBооk Terbalik

Tujuan membalikkan MасBооk adalah untuk menghilangkan sisa air yang masuk melalui celah keyboard. Usahakan jangan melakukan gerakan spontan, balikkan perlahan dan tunggu beberapa jam hingga airnya keluar.

6. Bawa Ke Tempat Servis yang Terpercaya

Jika tumpahan air pada MасBооk Anda cenderung sangat banyak, Kami sarankan untuk segera membawanya ke service center terpercaya untuk segera mendapatkan pertolongan pertama.

Sekian ulasan tentang mengatasi MасBооk tertumpah air, jika masih terdapat kendala jangan sungkan-sungkan langsung bawa saja ke iFixied karena hanya di iFixied anda bisa melakukan pengecekan dan konsultasi secara GRATIS, dijamin memuaskan, untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami via WhatsApp.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *