5 Cara Merawat MacBook Agar Tidak Cepat Rusak

MacBook menjadi penunjang aktivitas untuk kalangan pelajar, mahasiswa bahkan pekerja. Produk laptop keluaran Apple ini banyak diminati karena desain yang elegan, serta kemudahan integrasi dengan iPhone maupun produk keluaran Apple lainya. Baik MacBook Air maupun MacBook Pro memiliki spesifikasi dan peruntukan yang berbeda. Pengguna dengan aktivitas ringan seperti mengetik dan presentasi disarankan menggunakan MacBook Air. Bagi pengguna dengan aktivitas yang lebih berat seperti desain grafis, rendering dan lainya lebih disarankan menggunakan MacBook Pro. Perawatan dan penggunaan yang baik akan membantu MacBook anda berada pada kondisi yang optimal. Lakukan 5 cara berikut untuk merawat MacBook anda agar tidak cepat rusak:

(sumber: bestreviews.net)

1. Menggunakan Aksesoris Pelindung 

Penggunaan aksesoris pelindung bertujuan agar perangkat anda lebih aman ketika terkena benturan, kemasukan air atau debu. Beberapa aksesoris yang dapat anda gunakan yaitu case MacBook, pelindung keyboard, pelindung layar dan pelindung slot/ colokan. Saat ini aksesoris pelindung memiliki desain dan warna yang beragam. Namun perlu diperhatikan agar aksesoris yang anda gunakan dapat melindungi MacBook dengan baik, tidak sebatas aksesoris saja.  

2. Rutin Membersihkan MacBook

MacBook yang dibersihkan secara rutin akan berdampak pada kinerja MacBook dalam jangka panjang. Pembersihan MacBook dapat diawali dengan membersihkan layar MacBook menggunakan kain kering atau dapat disemprotkan cairan pembersih pada kain sebelum digunakan. Untuk membersihkan daerah keyboard dapat menggunakan kain kering atau jelly pembersih. Hindari penggunaan tisu basah dan kipas angin untuk mengeringkan perangkat.

3. Menjaga Suhu Perangkat

Suhu yang optimal untuk MacBook berada pada rentang 10 sampai 35 derajat celcius. Apabila perangkat berada pada suhu diatas rentang tersebut, maka daya tahan mesin dan baterai dapat menurun. Suhu MacBook yang panas disebabkan penggunaan yang melebihi batas atau ketidaksesuaian antara jenis MacBook dan peruntukanya. Tuntutan aktivitas juga seringkali membuat MacBook anda dinyalakan dalam jangka waktu yang lama, akibatnya suhu perangkat akan meningkat. Gunakan kipas pendingin eksternal atau cooling pad apabila diperlukan.

4. Menggunakan MacBook pada Permukaan yang Aman

Seringkali seseorang menggunakan kasur atau bantal sebagai alas MacBook ketika mengerjakan sesuatu karena dinilai nyaman. Kebiasaan ini perlu dihindari apabila anda tidak ingin MacBook cepat rusak. Hal ini karena penggunaan MacBook diatas tempat tidur dapat meningkatkan suhu perangkat dan debu dapat mengotori perangkat. Letakkan MacBook pada meja kerja yang semestinya, selain itu hindari meletakkan benda apapun diatas keyboard atau MacBook sekalipun sedang tidak digunakan.

5. Menjaga Battery Health MacBook 

Baterai menjadi salah satu komponen penting pada MacBook yang anda gunakan. Segera lakukan pengisian daya apabila sudah menunjukkan peringatan atau berada pada daya 20 sampai 30 persen. Jangan anda biarkan baterai MacBook sampai habis karena dapat merusak baterai. Apabila terjadi mati listrik, MacBook dengan daya baterai lemah lebih baik segera dimatikan. Terakhir namun cukup sulit, hindari sleep MacBook apabila sedang tidak digunakan. 

Perawatan dan penggunaan yang tepat akan membuat MacBook anda lebih awet. Lakukan cara – cara diatas jika anda ingin MacBook anda tidak cepat rusak. Apabila anda sudah melakukannya namun tetap muncul permasalahan pada perangkat anda, konsultasikan saja ke iFixied. Kami iFixied hadir untuk membantu anda menangani permasalahan tersebut dengan teknisi profesional dan terpercaya. Cek dan konsultasikan segera, gratis! Link WA


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *