Berapakah Cycle Count Battery MacBook Jika Masih Bagus?

Memahami Cycle Count Battery MacBook

Ketahui kondisi baterai MacBook anda dengan mengetahui cycle count battery.

(sumber: osxdaily.com)

Baterai MacBook mempunyai cycle count atau bisa disebut siklus pengisian daya. Siklus pengisian daya ini terjadi apabila anda menghabiskan seluruh daya perangkat dari 100 persen sampai 0 persen. Namun siklus ini juga terjadi ketika anda mungkin mengisi penuh daya baterai tetapi hanya menghabiskan separuhnya, lalu dilakukan pengisian daya kembali sampai terisi penuh. Ketika keesokan harinya anda habiskan separuh daya baterai MacBook, maka akan dikalkulasikan menjadi 100 persen daya dihabiskan. Hasil kalkulasi tersebut dapat dikatakan menjadi satu siklus pengisian daya. Meskipun waktunya lebih lama, tetapi siklus pengisian daya juga berdampak terhadap performa baterai MacBook.

Cara Mengetahui Cycle Count Battery MacBook

Seiring berjalanya waktu, kualitas baterai MacBook dapat berkurang akibat waktu penggunaan dan faktor penggunaan yang kurang tepat. Salah satu indikator kualitas baterai MacBook dapat dilihat dari nilai cycle count battery MacBook. Mengetahui cycle count battery biasanya dilakukan seseorang sebelum membeli MacBook bekas atau ketika akan mengganti baterai  MacBook yang baru. Cara mengetahui cycle count battery pada MacBook sangatlah mudah. Langkah pertama, anda dapat tahan tombol option kemudian klik menu berlogo Apple. Pilihlah menu Informasi sistem, selanjutnya pada bagian Perangkat keras (Hardware) pilihlah Daya (Power). Pada bagian informasi baterai akan muncul cycle count battery MacBook seperti contoh berikut:

(sumber: support.apple.com)

Gambar diatas menunjukkan cycle count battery MacBook dalam kondisi yang normal. Perlu diketahui juga bahwa batas normal cycle count tiap versi MacBook dapat berbeda. Untuk mengetahui jenis MacBook dan batas normal cycle count battery MacBook anda, bisa cek disini.

Apa yang Dilakukan Ketika Cycle Count Battery MacBook Sudah Melebihi Batas Normal?

Baterai  MacBook memiliki performa tertentu sebelum akhirnya berkurang. Ketika MacBook anda berada diatas batas normal cycle count battery, maka disarankan untuk mengganti baterai. Penggunaan MacBook dengan cycle count battery diatas normal dapat mengakibatkan penurunan daya pakai baterai, sehingga baterai MacBook akan lebih cepat habis. Bagi anda yang ingin memiliki MacBook dengan performa baterai yang baik, mengganti baterai  ketika cycle count battery sudah mencapai batas maksimum adalah solusi terbaik.

Lakukan cara – cara preventif agar baterai anda dalam kondisi yang optimal (cek disini). Bagi anda yang akan membeli MacBook bekas, tentu menginginkan perangkat yang kondisinya masih cukup bagus. Mengetahui cycle count battery dapat menjadi salah satu pertimbangan anda untuk mengetahui performa MacBook. Jika anda masih bingung mengetahui cycle count battery  MacBook anda, konsultasikan saja kepada kami. Kami iFixied hadir untuk membantu anda menangani permasalahan tersebut dengan teknisi profesional dan terpercaya. Cek dan konsultasikan segera, gratis! Link WA


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *