Lakukan 7 Cara Berikut Agar Battery Health Tidak Cepat Turun

Penggunaan perangkat yang berlebihan dapat membuat perangkat cepat panas dan mengganggu kesehatan baterai. Battery health dengan kondisi yang baik dapat diwujudkan dengan memaksimalkan kekuatan dan masa pakai baterai. Battery health yang cepat turun dapat disebabkan oleh penggunaan aplikasi, suhu eksternal, pengisian daya atau penuaan baterai. Lakukan 5 cara berikut agar battery health tidak cepat turun: 

(sumber: asurion.com)

1. Membatasi Penggunaan Baterai 

Menjaga baterai dalam kondisi 50% hingga 80% dapat membantu menjaga kapasitas dan memaksimalkan masa pakai baterai. Menggunakanya dalam kondisi skala persentase tersebut disarankan bagi anda yang menggunakan perangkat secara intensif. Namun, bagi anda yang tidak menggunakan perangkat dalam waktu yang lama disarankan untuk menyimpan perangkat dalam kondisi separuh daya. Kondisi Baterai yang disarankan ketika charging adalah 20% dan hentikan ketika maksimal sudah di angka 80-90%

2. Memperbarui Perangkat Lunak Secara Berkala

Pembaruan perangkat lunak terbaru sangat disarankan oleh Apple. Versi sistem yang terbaru memungkinkan perangkat anda memiliki fitur – fitur yang mendukung Battery Health. Salah satu fitur yang mendukung kesehatan baterai yaitu dengan adanya fitur menghentikan proses charging pada kondisi 80% ketika perangkat digunakan secara intensif dan menghentikan sementara pengisian daya ketika dalam kondisi suhu yang ekstrim.

3. Menjaga Suhu Perangkat

Perangkat dengan suhu yang ekstrim dapat merusak kapasitas baterai secara permanen. Hindari penggunaan perangkat anda dalam lingkungan yang panas atau istirahatkan sejenak perangkat anda ketika suhunya meningkat. Perangkat lunak mungkin membatasi proses charging di atas 80%, namun menyimpan baterai di lingkungan panas bisa merusaknya secara permanen.

4. Melepaskan Casing Tertentu Ketika Mengisi Daya

Beberapa jenis casing memiliki bahan yang memungkinkan perangkat anda menjadi mudah panas. Penggunaan casing ini juga perlu diperhatikan ketika melakukan charging. Mengisi daya perangkat dengan casing tertentu dapat menumpuk panas secara berlebih, akibatnya kapasitas baterai akan menurun. Disarankan untuk melepaskan casing ketika anda menyadari perangkat menjadi panas ketika proses charging.

5. Menghindari Overcharging

Overcharging adalah kondisi dimana perangkat anda sudah terisi daya penuh, namun masih melakukan pengisian daya. Sebetulnya iPhone memang sudah memiliki fitur Auto Cut yang akan berada di 0 Ampere ketika daya terisi penuh, namun ketika kami cek ternyata tetap 0ada daya yang masuk sebanyak 0,1 Ampere. Meskipun terlihat kecil, jika dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan battery health cepat turun dan yang paling parah bisa menyebabkan baterai kembung.

6. Menggunakan Rekomendasi Daya Charger 

Penggunaan daya charger yang direkomendasikan sesuai series iPhone tertentu dapat membuat battery health jadi lebih awet. Charger dengan daya 5W cocok untuk semua series iPhone, dari series iPhone 6 sampai iPhone 15. Resiko untuk series iPhone Xs/Xr sampai iPhone 15 biasanya proses charging akan berlangsung lama. Penggunaan charger 18W disarankan untuk iPhone series Xs/Xr sampai iPhone 15. Bagi anda yang memiliki iPhone series 13 sampai iPhone 15 dan masih merasa proses charging terlalu lama, charger dengan daya 20W akan cocok untuk anda.

7. Mengganti Baterai

Penggunaan perangkat dengan kondisi tertentu dapat mempengaruhi penurunan battery health. Namun, usia baterai juga menjadi salah satu faktor menurunya kualitas baterai. Perangkat iPhone dengan baterai Lithium-ion dapat mengalami penurunan kualitas seiring waktu dan penggunaan perangkat anda. Apabila kondisi ini terjadi, maka mengganti baterai perangkat menjadi satu – satunya cara yang dapat anda dilakukan.

Mengganti baterai iPhone dapat anda lakukan sendiri, namun tetap disarankan agar ditangani oleh seseorang yang ahli agar hasilnya maksimal. Kami iFixied hadir untuk membantu anda menangani permasalahan tersebut dengan teknisi profesional dan terpercaya. Cek dan konsultasikan segera, gratis! Link WA.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *