10 Tahun Menjabat, CFO Apple Resmi Mengundurkan Diri

Chief Financial Officer (CFO) bertugas dalam menangani kebijakan keuangan perusahaan sesuai dengan kondisi dan pertimbangan tertentu. Luca Maestri, CFO Apple yang berasal dari Italia dan telah menjabat dari tahun 2014 resmi mengundurkan diri. Sebagai CFO Apple, Luca Maestri berperan penting mengelola keuangan Apple pasca era Steve Jobs. Selama menjabat, Apple banyak mengalami perubahan yang signifikan.

Kontribusi Luca Maestri selama 10 tahun menjabat sangat berdampak bagi pertumbuhan finansial perusahaan Apple. Melalui kepemimpinannya perubahan yang terjadi diantaranya penyedia layanan. Dewasa ini, hanya melalui penyedia layanan saja, Apple dapat memperoleh sebagian besar persentase penghasilannya. Sosok Luca Maestri juga dikenal akrab dengan para investor perusahaan serta sejumlah analis melalui panggilan konferensi.

sumber: Apple.com

Beberapa kesempatan yang lalu, Luca Maestri menyampaikan pengunduran dirinya sebagai CFO perusahaan Apple. Mundurnya CFO Apple dari jabatanya ini bukan tanpa alasan. Maestri menyadari bahwa zaman semakin berkembang dan generasi selanjutnya akan memiliki inovasi yang akan membawa perubahan. Secara tidak langsung, CFO senior ini ingin memberikan kesempatan kepada generasi setelahnya untuk menjabat

Baca Juga Artikel Berikut: Rumor Apple Watch Ultra 3, Siap Diluncurkan Pada Apple Event 2024

Terdapat beberapa informasi yang menjelaskan jika Maestri akan tetap berada di Apple, namun dengan cakupan tugas yang lebih kecil. Luca Maestri akan bertanggungjawab dalam pengawasan fungsi teknologi informasi dan real estate. Rumor tentang jabatan barunya di Apple ini menunjukkan bahwa Maestri akan segera melapor kepada CEO tim Cook untuk melakukan koordinasi lebih lanjut. 

Kevan Parekh, Sosok Baru CFO Apple

Dikabarkan akan mulai menjabat pada awal tahun 2025, sosok Kevan Parekh akan menjadi CFO menggantikan Luca Maestri. Kevan Parekh merupakan sosok yang tidak asing di perusahaan Apple setelah sebelumnya bertanggung jawab dalam perencanaan keuangan. Parekh juga dirasa mumpuni dalam hal rise pasar serta menjalin hubungan dengan investor. Atas prestasinya, Cook menjelaskan bahwa Parekh cocok menjabat dalam posisi tersebut.

Parekh memang dikenal memiliki kemampuan dan prestasi dalam bidang keuangan. Luca Maestri juga sudah melihat itu sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri. Maestri turut mempersiapkan Parekh untuk menggantikan dirinya selama beberapa bulan terakhir. Parekh juga disiapkan dengan sering dilibatkan pada pertemuan penting bersama analis keuangan Apple serta mitra perusahaan.

Baca Juga Artikel Berikut: Apple Intelligence akan Berbayar di Masa Mendatang

Biodata Singkat Parekh, Pengganti Luca Maestri CFO Apple

sumber: opinipublik.online

Kevan Parekh adalah seorang yang berdedikasi tinggi terhadap bidang finansial dan engineering. Kemampuan Parekh untuk melakukan riset ini didasarkan pada pengalaman dan pendidikanya. Parekh merupakan lulusan dari University of Michigan dan MBA dari University of Chicago. Kedua universitas tersebut juga dikenal bagus dan berkualitas. Memiliki gelar sarjana sains, kemampuanya untuk riset tidak diragukan lagi. 

Sebelum menjadi bagian dari Apple, Parekh menjadi bagian serta salah satu tokoh yang berperan penting di Thomson Reuters dan General Motors. Sebagai seorang insinyur kelistrikan, dengan kemampuanya Parekh dipercaya memegang beberapa peran penting kepemimpinan di perusahaan tersebut. Dedikasinya yang tinggi terhadap perusahaan dapat meningkatkan kualitas perusahaan.

Bergabung tahun 2014, Parekh sudah bergabung dengan perusahaan Apple selama 11 tahun. Peran Parekh dimulai dengan memimpin support finance tim Product Marketing, Internet Sales and Service, dan Engineering. Selanjutnya, Parekh berperan untuk memimpin departemen Worldwide Sales, Retail dan Marketing Finance. Kemudian jabatan terakhir Parekh yaitu memimpin Financial Planning and Analysis, G&A and Benefits Finance, Investor Relations, serta Market Research.

Dampak Pergantian Manajemen Bagi Apple

Anurag dan Andrew dari Bloomberg menganalisis adanya penurunan saham perusahaan mencapai 1,7% setelah pergantian kepemimpinan ini. Namun tidak lama, keadaan dapat dipulihkan kembali. Tampaknya pergantian manajemen ini memang sudah direncanakan sebelumnya. Tetapi tetap saja ada dinamika perusahaan yang harus diselesaikan segera agar kondisi perusahaan kembali stabil.

Sama seperti perusahaan lainya, Apple secara konsisten ingin menjaga kinerja dan produktivitas perusahaan. Salah satu upayanya yaitu dengan reorganisasi yang dilakukan oleh Apple. Manajemen Apple juga ingin memastikan bahwa perusahaan dapat meraih kesuksesan di masa yang akan datang.   

Baca Juga Artikel Berikut: Jangan Panik! Ini Tips Ketika Anda Lupa Sandi iCloud Apple

Demikian informasi terbaru tentang pergantian manajemen Chief Financial Officer (CFO) Apple. Ikuti terus informasi terbaru lainya melalui laman resmi Apple. Anda juga dapat mengikuti laman resmi kami di iFixied. Jika Anda memiliki masalah pada Apple device Anda, konsultasikan segera dengan teknisi profesional kami secara gratis! (Link WA)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *