iPhone Terkena Air? Lakukan Cara Berikut Ini

(sumber: pinnaxis.com)

Pengguna iPhone cenderung akan panik ketika perangkat mereka kemasukan air, sekalipun sudah ada fitur ketahanan air. Adanya fitur ketahanan air tidak menjamin iPhone akan anti air sehingga tetap menimbulkan kecemasan penggunanya. Apabila anda mengalami kondisi tersebut, anda dapat cek iPhone anda terlebih di iFixied Gratis. Anda juga dapat melakukan beberapa tips berikut untuk mengatasi iPhone yang kemasukan air. 

Cara Mengatasi iPhone Kemasukan Air dalam Keadaan Menyala

Kondisi iPhone ketika kemasukan air tidak dapat ditebak, iPhone dapat masih dalam keadaan menyala atau mati. Jika iPhone anda ketika kemasukan air dalam keadaan menyala, berikut cara yang dapat membantu anda: 

1. Matikan iPhone

Setelah terjatuh kedalam air sesegera mungkin mematikan iPhone jika masih dalam keadaan menyala. Hal ini dilakukan untuk memperkecil kemungkinan kerusakan bagian dalam terutama pada konektor. 

2. Keringkan iPhone 

Keringkan iPhone dengan lap dan posisikan iPhone dalam keadaan berdiri agar air yang tersisa dapat keluar dengan sendirinya. Kemudian untuk mengeluarkan cairan berlebih, ketuk secara perlahan dengan tangan pada beberapa bagian iPhone dan pastikan konektor menghadap ke bawah.

3. Jangan dinyalakan 

Meskipun anda merasa sudah mengeringkan iPhone, namun jangan terburu-buru untuk menyalakannya. Bisa saja bagian luar iPhone atau layarnya sudah kering namun belum tentu bagian dalamnya kering. 

4. Jangan dicharge 

Setidaknya tunggu beberapa jam sebelum mengisi daya untuk memastikan perangkat benar benar kering. Bisa juga anda menggunakan beras sebagai alternatif mengeringkan iPhone anda. Namun bungkus terlebih dahulu menggunakan kain tipis atau tisu agar tidak ada butiran halus yang masuk. Selain itu anda bisa mengeringkan iphone dengan silica gel agar air terserap optimal. 

5. Nyalakan iPhone

Tunggulah beberapa hari sebelum menyalakan iPhone. Menyalakan terlalu cepat biasanya akan berbuah kekecewaan, karena hal ini bergantung pada berapa banyak air yang masuk dan seberapa cepat iPhone diangkat setelah terjatuh dalam air. 

Cara Mengatasi iPhone Kemasukan Air dalam Keadaan Mati

Keadaan iPhone yang mati total setelah kemasukan air masih dapat diperbaiki, namun kondisi iPhone harus dicek secepatnya. Selagi iPhone terjatuh ke dalam air tawar dan segera diperbaiki, maka keberhasilan perbaikannya masih cukup tinggi. Jika anda langsung membawa iPhone ke tempat servis untuk dikeringkan dan diperbaiki, maka lebih besar kemungkinan iPhone anda untuk bisa diselamatkan. 

Meskipun anda mencoba berbagai cara untuk mengeringkan iPhone, namun tetap saja kurang efektif dilakukan. Hal ini karena iPhone anda tidak dapat dikeringkan secara keseluruhan sampai bagian dalamnya. Sedikit saja ada air yang tersisa, dampaknya iPhone anda akan tetap beresiko mengalami kerusakan. Namun biasanya biaya untuk membersihkan dan mengeringkan iPhone yang kemasukan air cukup terjangkau. 

Sangat disarankan untuk segera membawa iPhone anda yang kemasukan air, dalam keadaan menyala maupun mati total ke tempat spesialis servis iPhone. Langkah ini dapat menghindari anda dari resiko yang lebih menyakitkan, justru lebih berpeluang untuk meningkatkan keberhasilan perbaikan iPhone asalkan ditangani oleh tempat servis yang tepat.  Anda dapat berkunjung ke iFixied untuk berkonsultasi mengenai permasalahan iphone anda dengan pelayanan yang baik. Kami iFixied hadir untuk membantu anda menangani permasalahan tersebut dengan teknisi profesional dan terpercaya. Cek dan konsultasikan segera, gratis! Link WA


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *